E-commerce
· Pengertian E-commerce
Istilah
E-commerce atau (Electronic commerce) yang biasa disebut juga Perdagangan
elektronik adalah suatu proses pembelian, penjualan, pertukaran barang dan jasa
antara dua belah pihak melalui sistem elektronik seperti internet atau
televisi. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data
elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data
otomatis.
·
- Contoh
E-commerce
Banyak sekali yang dapat kita lakukan melalui
E-Commerce yaitu :
1. Pembelian buku melalui online.
2. Pembelian elektronik melalui online.
3. Pembelian kendaraan melalui online.
4. Pembelian pakaian melalui online, dll.
1. Pembelian buku melalui online.
2. Pembelian elektronik melalui online.
3. Pembelian kendaraan melalui online.
4. Pembelian pakaian melalui online, dll.
- Manfaatnya
· 1. Melewati batasan geografis
Jika Anda memiliki toko fisik, Anda dibatasi oleh
wilayah geografis yang dapat Anda layani. Dengan situs web e-commerce,
seluruh dunia adalah taman bermain Anda. Selain itu, munculnya mCommerce,
yaitu, e-commerce pada perangkat mobile, telah memutuskan segala
keterbatasan geografis yang tersisa.
2. Mendapatkan pelanggan baru lewat search engine
Ritel fisik didorong oleh brand dan hubungan.
Selain itu, ritel online juga didorong oleh lalu lintas dari mesin pencari.
Bukan hal baru bagi pelanggan untuk mengikuti link dalam hasil pencarian mesin
pencari, dan mendarat di sebuah situs e-commerce yang mereka belum pernah
dengar sebelumnya.
3. Biaya lebih rendah
Salah satu sisi positif paling nyata dari e-commerce
adalah biaya yang lebih rendah. Bagian dari biaya-biaya lebih rendah ini dapat
diteruskan kepada pelanggan dalam bentuk pemberian diskon.
4. Mencari produk lebih cepat
Hal ini tidak lagi tentang mendorong keranjang belanja
ke lorong yang benar, atau produk yang diinginkan. Di sebuah situs e-commerce,
pelanggan dapat mengklik navigasi intuitif atau menggunakan kotak pencarian
untuk segera mempersempit pencarian produk mereka. Beberapa situs web mengingat
preferensi pelanggan dan daftar belanja untuk memfasilitasi pembelian berulang.
5. Mengeliminasi waktu dan biaya perjalanan
Kadang-kadang pelanggan melakukan perjalanan jauh
untuk mencapai toko fisik yang mereka sukai. E-commerce memungkinkan
mereka untuk mengunjungi toko yang sama secara virtual, hanya dengan beberapa
kali klik.
6. Memberikan perbandingan berbelanja
E-commerce memfasilitasi perbandingan berbelanja. Ada beberapa layanan online yang
memungkinkan pelanggan untuk menelusuri beberapa pedagang e-commerce dan
menemukan harga terbaik.
7. Transaksi, tawar-menawar, kupon, dan pembelian
secara berkelompok
Meskipun ada setara fisik untuk transaksi,
tawar-menawar, kupon, dan pembelian secara berkelompok, belanja online
membuatnya jauh lebih nyaman.
8. Memberikan banyak informasi
Ada keterbatasan jumlah informasi yang dapat
ditampilkan di toko fisik. Sulit untuk membekali karyawan untuk menanggapi
pelanggan yang membutuhkan informasi di seluruh lini produk.
Situs web e-commerce dapat membuat informasi
tambahan dengan mudah untuk pelanggan. Sebagian besar informasi ini disediakan
oleh vendor, dan tidak ada biaya apapun untuk membuat atau menjaganya.
9. Memudahkan komunikasi bisnis
Menggunakan informasi yang diberikan pelanggan dalam
formulir pendaftaran, dan dengan menempatkan cookie di komputer
pelanggan, seorang pedagang e-commerce dapat mengakses banyak informasi
mengenai pelanggan. Hal ini, pada gilirannya, dapat digunakan untuk
menyampaikan pesan yang relevan.
10. Buka sepanjang waktu
Situs web e-commerce dapat berjalan di semua
waktu selama 24 jam sehari – 7 hari sepekan (24/7). Dari titik pandang
pedagang, ini meningkatkan jumlah pesanan yang mereka terima. Dari titik
pandang pelanggan, toko yang “selalu terbuka” jelas lebih nyaman.
- Kendala
·
·
1.
Kehilangan segi finansial secara
langsung karena kecurangan. Seorang penipu
mentransfer uang dari rekening satu
ke rekening lainnya atau dia telah mengganti
semua data finansial yang ada.
2. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap
semua informasi rahasia tersebut
kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat
mengakibatkan kerugian yang
besar bagi si korban.
3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat
kesalahan non-teknis seperti aliran
listrik tiba-tiba padam.
4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker
yang berhasil membobol sebuah
sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan
sejumlah rekening orang lain ke
rekeningnya sendiri.
5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor
seperti usaha yang dilakukan dengan
sengaja oleh pihak lain yang berusaha
menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
6. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan
sengaja, ketidakjujuran, praktek
bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia,
kesalahan faktor manusia
atau kesalahan sistem elektronik.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar